Tips Makan dan Ngemil Sehat Untuk Ibu Hamil

cemilan sehat untuk ibu hamil

Tips Makan dan Ngemil Sehat Untuk Ibu Hamil

Solusitepat.com –¬†Pada masa kehamilan, ibu diharuskan untuk selalu mejaga kesehatannya dengan memenuhi kebutuhan gizinya. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil punya peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Bukan hanya kesehatan dari ibu saja, namun juga buah hati yang sedang di kandungnya. Selama hamil ibu juga tidak jauh dari kegiatan ngemil. Ini juga perlu diperhatikan. Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi cemilan secara sembarangan yang kosong nutrisinya. Ibu harus bisa memilih cemilan sehat untuk ibu hamil dan cocok dikonsumsi setiap saat sebagai pengganjang perut ketika keroncongan. Ada beberapa tips yang kiranya bisa dijalankan oleh ibu dalam mengatur pola makan dan juga ngemil di masa kehamilan. Berikut ini beberapa tipsnya seperti yang disarankan oleh Zwitsal :

  1. Variasikan Makanan

Setiap bahan makanan mempunyai kandungan nutrisi yang tidaklah sama. Maka dari itu, ibu bisa mengkonsumsi makanan ataupun cemilan sehat untuk ibu hamil yang bervariasi dan jelasnya bisa untuk memenuhi gizi ibu yang sedang hamil. Mislakan memvariasikan gandum bersama dengan sumber protein seperti daging, telur. Kemudian juga untuk ngemil bisa beralih ke kacang-kacangan seperti kacang almond misalnya.

  1. Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak dan Gula

Makanan yang mengandung lemak tinggi dan juga gula perlu diminimalkan untuk dikonsums oleh ibu hamil. Boleh dikonsumsi jika hanya sesekali saja. Jaga agar konsumsi lemak ibu tidak lebih dari 30 persen dari asupan kalori harian. Selalu usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak sehat, contoh buah alpukat.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh

Ibu hamil memerlukan asupan cairan minimal 2 liter dalam sehari. Perbanyak minum air putih dan batasi mengkonsumsi cemilan ataupun minuman dalam kemasan yang punya kandungan gula terlalu tinggi. Tetap selalu selektiflah dalam memilih cemilan sehat untuk ibu hamil.

  1. Penuhi Kebutuhan Kalori Tambahan

Bukan hanya cairan dalam tubuh saja yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil. Namun kebutuhan kalori tambahan juga demikian. Saat hamil, kebutuhan kalori harian ibu meningkat jadi 300 kalori. Ini bisa dipenuhi oleh bunda dengan makan dan ngemil sehat yang banyak dijumpai disekitar. Seperti keju, sebanyak 30 gram keju mempunyai kadar 100 kalori. Atau juga bisa ngemil roti tawar/gandum dengan selai kacang. Selai kacang memiliki 150 kalori.

Baca juga: Cara Tepat untuk Sehat Alami | SolusiTepat

 

Share