Kalau tidak memiliki oven di rumah maka tidak perlu berkecil hati sebab ada banyak resep kue kukus bisa dicoba dibuat sendiri. Kue yang dikukus ini tentu menjadi pilihan yang menarik untuk mengatasi keterbatasan perangkat di dapur. Oven biasanya menjadi andalan bagi setiap orang yang tertarik membuat kue, karena mayoritas kue ini dimatangkan dengan cara di oven. Jenis oven memang beragam namun Anda tentu perlu biaya lebih untuk menyediakannya di rumah.

Artikel Rekomendasi : 7 Pilihan Kue Kukus Yang Sehat Untuk Buah Hati

Berbeda kalau membuat kue yang dikukus, tidak perlu belanja perlengkapan lain karena bisa memakai dandang atau kukusan yang pastinya tersedia di rumah. Meski selama ini nasi selalu ditanakan memakai magicom tetap saja kukusan akan tersedia karena dipakai untuk mengolah beberapa jenis menu. Misalnya saja dipakai untuk mengukus ubi jalar, singkong, ataupun lauk yang dikukus seperti pepes ikan, botok, dan lain sebagainya. Sehingga memilih membuat kue yang dikukus ini adalah pilihan eknonomis.

Tips Membuat Kue Yang Dikukus Lebih Enak

Rasa dan tekstur antara kue yang dipanggang dengan yang dikukus tentunya berbeda, dan beberapa orang lebih menyukai hasil kukus. Kenapa? Sebab rasanya lebih legit karena bahan kue yang dimatangkan dengan cara dikukus biasanya akan mengeluarkan aroma lebih pekat. Ditambah lagi teksturnya pun dijamin lembut karena basah bukannya kering seperti adonan kue yang dipanggang memakai oven. Tentunya sangat tepat dijadikan pilihan sebagai pelengkap teh manis di sore maupun pagi hari.

Dalam membuat kue atau roti kukus tentunya butuh teknik dan trik tersendiri agar hasilnya maksimal, sebab bisa jadi matang di tepi namun mentah di tengah loyang. Simak beberapa tips ini agar kue yang dibuat selalu lebih enak :

1. Aduk Bahan Sampai Tercampur Rata

Kue yang dimasak dengan cara dikukus memang akan memiliki aroma lebih baik, namun akan kurang maksimal kalau adonan tidak diaduk secara merata. Anda tidak harus memakai mixer, bisa mengandalkan buble wisk asalkan tercampur rata maka hasilnya akan maksimal.

2. Pilih Loyang Yang Benar-Benar Tepat

Menghindari kemungkinan ada bagian-bagian kue yang masih mentah terutama di tengah loyang, maka gunakan loyang yang benar. Idealnya untuk kue yang dikukus memakai loyang yang tidak terlalu tinggi sebab memperbesar resiko mentah di tengah. Gunakan loyang lebih rendah dan hasilnya kue akan melebar namun matangnya merata. Saat membuat brownies akan lebih cocok memakai loyang seperti ini.

3. Gunakan Kukusan Berbentuk Segitiga Atau Kerucut

Memastikan adonan kue matang dengan sempurna ternyata tidak hanya memperhatikan loyang yang dipakai melainkan juga jenis kukusan yang digunakan. Tidak semua kue yang dikukus adonannya dimasukkan ke loyang, misalnya saja kue mangkok maka cetakannya berbentuk seperti cup kecil. Nah, gunakan kukusan yang tutupnya berbentuk lancip atau segitiga sehingga mencegah adanya uap air menetes ke adonan. Resiko kue masih mentah bisa dihindari dengan kukusan jenis ini.

4. Selalu Gunakan Api Kecil

Ketika memutuskan untuk membuat kue yang dikukus maka usahakan untuk memahami bagaimana mengatur api kompor. Idealnya memakai api yang kecil agar panasnya merata dan tidak membuat air di dasar kukusan mudah susut. Terlebih untuk jenis kue yang perlu dikukus lebih lama, kalau airnya asat otomatis akan menjadi sangit dan tidak sedap. Maka gunakan api kecil agar adonan matang dengan baik kemudian gunakan selalu margarin BlueBand agar kue kukus yang dibuat memiliki rasa yang lebih memikat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *