Produk Kulit Yang Pas Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Produk Kulit Yang Pas Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Mayoritas dari orang tua, terutama bagi yang mendapat kehadiran bayi baru tentu merasa kebingunan untuk memilih jenis produk yang pas untuk bayi, mulai dari sabun, lotion, dan sebagainya. Karena mengingat produk yang digunakan tentu berbeda dengan produk untuk dewasa sesuai dengan kondisi kulit bayi yang amat rentan, sensitif, halus, lembut dan belum ada proteksi sepenuhnya. Disini akan dikupas mengenai pilihan produk yang tepat dan aman untuk perawatan bayi yang baru lahir, agar tidak salah pilih ketika akan membeli dan menggunakan produk untuk bayi. Tentu merugikan jika salah pilih dan terjadi hal yang tak diinginkan pada si buah kecil kesayangan. Berikut kriterianya.

1. Sabun Dan Shampoo Yang Harus Digunakan

Ketika mandi, perhatikan pada ruangan lebih dari 25º dan suhu air maksimal 37º. Gunakan sabun dengan pH kulit netral (5,5) yang mengandung parfum dan pewarna yang sedikit agar terhindar dari reaksi sensitisasi. Dan shampoo yang mengandung bahan aman seperti cocamidopropyl betaine atau natrium laurin propinat. Janganlah yang mengandung antiseptik dan detergen agar tidak timbul kerusakan kulit bayi.

2. Minyak Atau Parfum Yang Digunakan

Gunakan minyak telon atau minyak kayu putih dengan tipis dan sedikit, agar tidak mudah iritasi pada bayi dan memperlebar pembuluh darah sehingga menjadi hangat dan tidak mudah nyeri. Untuk pemakaian parfum atau baby cologne, sebaiknya tidak digunakan pada bayi yang baru lahir di usia awal, karena tipisnya kulit si bayi dapat terserap kandungan bahan kimianya.

3. Bedak Tabur Yang Digunakan

Gunakan bedak tabur bayi yang terbuat dari bahan yang aman dan alami seperti Zwitsal Baby Powder dengan cara pengusapan tipis dan merata pada lipatan kulit bayi yang bersih dan kering. namun hidari penuangan dekat wajah si bayi agar tidak terhirup  pada hidung dan masuk ke paru – paru bayi.

4. Waktu Tepat Pakai Pelembab

Gunakan pelembab khusus bayi yang berbentuk krim anti parfum minimal 2 kali sehari setelah mandi atau sesering mungkin bila sedang dalam cuaca dingin, kering, atau bayi yang sedang eksema.

5. Obat Nyamuk Oles, Bolehkah?

Gunakan bila perlu dari bahan sintetik seperti DEET dan permetrin (untuk anak dibawah usia 2 tahun) dan bahan esensial seperti minyak serai (untuk >2 tahun), dan lemon eucalyptus extract (untuk >3 tahun). Oleskan setipis mungkin dan pastikan si kecil tidak menggunakan sendiri.

Itulah beberapa produk aman untuk kulit bayi yang dianjurkan, apalagi untuk bayi yang baru lahir.

Share