Penyakit Maag Pada Diri Anda, Kenali Dari Sekarang!

Penyakit Maag – Maag disebut juga sebagai tukak lambung atau radang lambung. Hal ini disebabkan karena terjadinya peradangan atau luka pada dinding lambung, sehingga menyebabkan rasa sakit, perih, begah. Bahkan sakit yang di rasakan bisa tidak tertahankan. Pada dasarnya, maag sebenarnya bukanlah suatu penyakit, asam lambung memang bisa dimiliki setiap orang. Bisa diindetifikasi dari kadar asam lambung yang berlebih. Untuk tingkat yang lebih parah, nyeri luar biasa dapat diakibatkan bakteri yang merugikan, yaitu Helycobacter Pylon.

Penyebab :

Banyak yang bisa menjadi faktor meningkatnya asam lambung. Makan makanan pedas, bersantan, mie siap saji sebenarnya faktor sekunder yang mempengaruhi asam lambung.

Faktor utamanya adalah Stress. Semakin tinggi tingkat stres kita, lambung bereaksi dengan meningkatkan asam lambung yang diproduksi.

Gejala :

  • Terasa sakit saat buang air besar (BAB).
  • Terasa mual dan ingin muntah
  • Perut terasa sakit dibagian kiri, terasa kembung, terasa nyeri dibagian dada atau ulu hati
  • Sering merasa lapar padahal bisa saja anda baru selesai makan beberapa jam sebelumnya.
  • Suhu badan tiba-tiba naik dan kepala terasa pusing
  • Semakin parah tingkat penyakit magg, semakin banyak gejala yang timbul.

Pengobatan :

Sebenarnya maag tidak bisa di sembuhkan, hanya saja anda bisa menimalisir asam lambung yang tinggi dengan mengkonsumsi obat yang bisa anda dapatkan di apotek-apotek terdekat.

Meminum obat penetralisir asam lambung harus di minum 2 jam .sebelum makan dan 2 jam setelah makan untuk menghindari luka di lambung. Polan makan juga sebaiknya dijaga lebih baik. Makan yang tidak teratur dan telat membuat asam lambung memproduksi bukan pada waktunya. Lambung memiliki jam kerjanya sendiri, jika pada saat jam “kerja” lambung tidak terisi makan, produksi asam tetap di keluarkan. Ini berakibat pada dinding-dinding lambung dan menimbulkan luka. Adanya virus Cytomegalovirus (CMV) dan infeksi parasit / cacing golongan nematoda dapat merusak mukosa lambung. Penggunaan obat-obatan seperti Aspirin, Ibuprofen dan Naproksen, dapat menurunkan kadar Prostaglandin yang bertanggung jawab untuk melindungi mukosa lambung dari erosi akibat asam lambung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *