Inilah Tips Agar Sukses Berhenti Merokok Untuk Mejaga Kesehatan

Inilah Tips Agar Sukses Berhenti Merokok Untuk Mejaga Kesehatan

Kesehatan tubuh harus terus dijaga. Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker paru, penyakit jantung dan penyakit baru obstruktif kronik selalu mengintai para perokok. Meski begitu nyatanya perokok di Indonesia tidak takut dengan penyakit-penyakit tersebut.

Perokok di Indonesia sangat banyak sekali dan mungkin salah satu yang terbanyak di dunia. Bahkan anak-anak kecil di jaman sekarang ini telah mulai banyak yang merokok. Berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi jumlah perokok di Indonesia, namun nyatanya tidak ada yang berhasil.

Inilah Tips Agar Sukses Berhenti Merokok Untuk Mejaga Kesehatan

Menghentikan kebiasaan merokok memang sangat sulit untuk dilakukan. Berikut 4 tips bagi anda yang ingin berhenti merokok.

Berkomitmen, Sebagai langkah pertama anda harus berkomitmen pada diri sendiri untuk berhenti merokok.

Tanpa adanya komitmen maka mustahil anda bisa berhenti merokok. Anda bisa membuat tulisan motivasi mengapa ingin berhenti merokok dan menempelkannya di kamar. Setiap anda ingin merokok, bacalah catatan tersebut. Terapi Pengganti Nikotin, Terapi ini dilakukan untuk membuat anda lepas dari kecanduan terhadap nikotin.

Terapi pengganti nikotin ini bisa tersedia dalam bentuk inhaler dan spray. Hentikan penggunaan terapi jika anda sudah tidak lagi kecanduan terhadap nikotin.

Terapi Perilaku, Terapi perilaku ini penting dilakukan agar anda bisa mencari pengganti dari kebiasaan merokok. Misalkan anda biasa merokok untuk menghilangkan stres, maka anda bisa menggantinya dengan berjalan-jalan atau olahraga saat stres.

Untuk melakukan terapi ini anda bisa meminta saran dokter. Pengobatan Medis, Jika ketiga cara di atas tetap tidak bisa membuat anda lepas dari rokok. Maka anda bisa mencoba meminta pengobatan medis kepada dokter. Dalam hal ini dokter akan memberikan pengobatan untuk mengatasi kecanduan anda kepada rokok.

Merokok bukan hanya merugikan kesehatan diri sendiri tetapi juga merugikan orang lain. Orang lain yang menghirup asap rokok juga dapat terkena penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru. Jadikanlah keluarga sebagai moitivasi untuk berhenti merokok.

Kasihan kesehatan keluarga anda, jika setiap hari harus menghirup asap rokok yang buruk untuk kesehatan.

Share