Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Praktis

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Praktis

Apakah bayi Anda sering menangis tanpa ada penyebabnya? Besar kemungkinan perut bayi Anda kembung. Perut kembung merupakan kondisi dimana bisa mengakibatkan rasa yang tak nyaman. Hal semacam ini tak hanya berlaku pada seorang bayi, melainkan orang dewasa juga merasa terganggu dengan problem perut kembung. Jika orang dewasa saja merasa terganggu, apalagi si kecil coba? Bayi yang sangat rentan terserang perut kembung, pada umumnya usia 3 bulan ke bawah sebab organ pencernaannya masih terlalu muda atau belum matang dengan sempurna. Akibatnya, gas pembuangan terlalu mudah berkumpul pada usus atau lambung dan jadilah perut kembung. Salah satu tanda bayi yang mempunyai gas terlalu banyak di perutnya ialah ia menarik kakinya dengan berbaring pada posisi meringkuk. Jangan khawatir, kenalilah gejalanya dan penyebabnya serta cari tahu cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Penyebab perut kembung pada bayi :

  • Posisi Bunda ketika menyususi si kecil kurang tepat, jadinya udara mudah ikut masuk dalam lambung bayi.
  • Banyaknya udara masuk dalam tubuh bayi ketika sedang mengkonsumsi makanan.
  • Si kecil terlalu sering mengalami problem infeksi gastrointestinal.
  • Bagi bayi Anda yang tak tahan dengan laktosa dan terlajur Anda berikan susu formula maka kandungan laktosa pada susu tersebut mengakibatkan gas terkumpul terlalu mudah dalam usus.
  • Si kecil yang baru berusia 6 bulan, memperoleh tambahan makanan berisiko besar mengalami penumpukan gas pada pencernaannya. Hal ini dikarenakan masa peralihan yang terjadi dari susu menuju makanan terlalu rentan untuk mengakibatkan problem pencernaan maupun pengaliran makanan.

Gejala perut kembung pada bayi :

  • Bayi terus menerus menangis
  • Sering buang gas
  • Perutnya terasa keras jika Anda peganga setelah ia makan
  • Menarik kakinya ke posisi atau arah perut

Lantas bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi? Berikut cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan mudah :

  1. Lakukanlah pemijatan dengan memakai Zwitsal Baby Natural Oil Telon ke arah lambung atau usus besar. Lakukan pemijatan ini ketika si kecil tidak menangis atau sedang santai.

Berikanlah Natural Oil Zwitsal ini pada tangan, perut, leher dan kaki si kecil agar selalu hangat. Sehingga perut kembung tidak akan menyerang si kecil.

Share