Cara Membuat Dapur Bersih Bebas Kuman

Cara Membuat Dapur Bersih Bebas Kuman

Berikut ini cara membuat dapur bersih dengan terhindar dari kuman. Dapur adalah tempat yang kerap kotor oleh sisa masakan. Untuk membersihkannya diperlukan teknik khusus agar kuman tidak berkembangbiak disana dan menginfeksi keluarga dari makanan yang tersaji. Dapur yang terlihat bersih saja belum cukup menjamin keamanannya dari kuman.

Perlu teknik khusus untuk cara membuat dapur bersih bebas kuman.

Buang Kotoran dan Sampah di Meja Dapur

Agar dapur terlihat bersih, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membuang semua kotoran dan sampah yang ada. Lap permukaan meja dapur hingga tidak ada lagi kotoran yang tersisa.

Lap Menggunakan Air Bersih Bersabun

Ambil satu gayung air, kemudian beri satu sendok sabun cuci piring anda. Setelah dicampur, masukkan lap yang menyerap air, kemudian bersihkan permukaan dapur. Bersihkan sela-sela dapur, termasuk bagian dalam kompor agar dapur higienis total. Kalau ada kotoran yang menempel, gosok hingga tidak ada sisanya lagi dan tercium bau wangi. Sabun akan dapat menghilangkan kotoran di dapur anda. Kalau lantai dapur juga terlihat kotor, pel dengan sabun yang sama.

Bilas Dengan Larutan Klorin

Membersihkan dapur dengan sabun saja tidak cukup karena masih ada kuman yang menempel disana. Sabun tidak mampu membersihkan seluruh kuman di dapur anda. Untuk itu, anda perlu larutan klorin (pemutih baju) agar dapur bebas kuman. Ambil lap baru yang menyerap air. Kemudian celupkan ke dalam larutan klorin yang sudah dicampur dengan air. Lap dapur anda dengan klorin tersebut hingga merata. Bersihkan juga bagian samping dan lantai dapur bersih. Bagian lantai kompor dan lantai bawah sebaiknya juga dilap dengan klorin agar tidak ada sisa kuman sama sekali.

Bilas Dengan Air

Terakhir, bilas dapur anda dengan air bersih tanpa cairan tambahan apapun. Ini untuk menghilangkan bau klorin yang agak tajam sekaligus sisa cairannya. Biarkan dapur kering sebelum digunakan kembali.

Bila dapur anda sudah bersih, sebaiknya berhati-hati dalam meletakkan tutup makanan. Cara meletakkan tutup yang benar adalah bagian luar berada di bawah sehingga bagian dalam tidak terkontaminasi kuman di lantai dapur higienis.

Share