3 Hal yang Mencegah Bengkoknya Tulang Punggung

3 Hal yang Mencegah Bengkoknya Tulang Punggung

Beberapa orang akan memiliki masalah dengan penyakit tulang belakang yang bisa terjadi sejak masih bayi atau saat sudah menjelang usia lansia. Kelainan pada tulang punggung ini memang sebenarnya lebih sering terjadi kepada bayi. Dimana proses pembentukan atau pertumbuhan tulang badan janin sedikit mengalami masalah. Kemudian memicu terjadinya struktur tulang punggung yang terlihat dan memang dalam kondisi abnormal. Saat kelainan ini terjadi pada janin maka untuk penyembuhannya bisa lebih mudah, bahkan beberapa sembuh meski tanpa perawatan medis.

Namun ketika Anda sudah menginjak usia remaja, dewasa, atau lansia maka kebutuhan untuk berobat ke dokter. Apabila terjadi skoliosis ini menjadi sebuah kebutuhan penting untuk mencegah kondisi yang lebih parah berupa rasa nyeri yang sangat dalam. Membantu mencegah akan menjadi keputusan tepat, berikut caranya:

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi tulang,

Perubahan bentuk tulang bagian punggung bisa terjadi karena penyerapan kalsium oleh tulang mengalami kendala. Bisa karena kekurangan atau justru kalsium ada namun kurang mampu diserap tubuh dengan semestinya. Maka sejak dini konsumsi susu dan makanan tinggi kalsium untuk memaksimalkan kekuatan tulang.

  1. Melatih kekuatan dari otot punggung,

Melatih kekuatan lewat olahraga untuk otot pada punggung menjadi suatu hal yang sangat membantu mencegah penyakit ini. Namun usahakan memilih jenis olahraga otot punggung yang tepat agar tidak terjadi hal yang sebaliknya. Bagi Anda yang tidak begitu paham mengenai olahraga apa dan bagaimana untuk pencegahan kelainan ini. Maka ada baiknya melatih kekuatan otot punggung di tempat gym profesional dimana bisa mendapatkan seorang trainer.

  1. Mengurangi beban fisik pekerjaan terlalu berat,

Beberapa orang memiliki jenis pekerjaan yang membuatnya cukup akrab dengan beban berat dimana harus memindahkan sejumlah barang. Ada baiknya jika memang tidak bisa dihindari pekerjaan yang demikian bisa memilih membebankan bawaan secara berpindah-pindah. Semisal hari ini di punggung, besoknya di pinggang kanan, dan besoknya lagi di pinggang sebelah kiri. Terpusatnya beban berat secara terus-menerus pada satu titik akan memicu munculnya penyakit tulang belakang.

Share